IU 12th Debut Anniversary

Tanggal 18 September kemarin adalah anniversary debutnya IU ke 12!! IU already being a musician for 12 years and it still counting!! I already being UAENA for 9 years (since 2011) and it still counting!!

cr: Instagram edam.official

Untuk merayakan anniversary debutnya yang ke-12, IU tampil live di channel VLive ditayangkan jam 08.00 PM KST atau jam 06.00 PM WIB. Acaranya seperti bincang-bincang gitu dengan fans di seluruh dunia yang bisa menuliskan komentar di kolom chat. Selama satu jam lebih acara itu berlangsung, aku gak ngerti sih IU ngomong apa karena gak ada subtitlenya.. XD XD Tapi, tentu saja aku menikmati sekali acaranya itu. Aku ikut tertawa juga saat ia tertawa atau bertingkah lucu. Memang aku ini anaknya mudah dibuat tertawa juga kayaknya, padahal gak ngerti. XD XD Acaranya ini sudah ditayangkan dan dapat di tonton kembali di sini.

cr: Instagram dlwlrma

Selanjutnya, IU mengadakan mini concert di acara Yoo Hee Yeol's Sketchbook yang ditayangkan tanggal 18 September jam 11.20 PM KST, kurang lebih pukul 09.20 PM WIB. Sejak jam setengah 8 malam aku sudah siap-siap di depan laptop untuk streaming channel KBS. Aku melakukan apa-apa saja yang harus aku selesaikan sebelumnya supaya aku bisa nonton konsernya dengan tenang tanpa sedikit pun gangguan. Iya, suasana khusyuk saat nonton konser IU itu hukumnya mutlak. XD XD

cr: Instagram edam.official


Sebenarnya, kalau gak ada corona, IU berencana untuk merayakan debut ke-12 nya dengan mengadakan konser di Jamsil Indoor Stadium. Sayang sekali, konsernya itu harus dicancel gara-gara corona.

Maka dari itu IU memilih untuk tampil dalam acara Yoo Hee Yeol's Sketchbook sebagai bintang tamu. Tapi, secara teknis, di acara tersebut juga bisa dibilang sebagai mini konser virtualnya IU karena hanya dia yang memonopoli acara tersebut dan ditayangkan selama hampir 2 jam!! Ya ampun, aku pikir tahun ini gak akan bisa nonton konsernya IU gara-gara corona, ternyata masih ada kesempatan dan aku menulis post ini masih dalam keadaan campur aduk (dengan perasaan terharu yang mendominasi).

cr: Instagram dlwlrma

IU debut sebagai penyanyi tanggal 18 September 2008, saat itu ia baru berumur 15 tahun (16 tahun umur Korea). Setiap kali IU merayakan anniversary konsernya, aku selalu melihat lagi perjalanan IU dari awal. Sebelum ia menjadi seperti saat ini, IU menjalani 20 kali audisi dan semuanya gagal. Bahkan, ia pernah mengikuti audisinya JYP, salah satu top 3 agensi hit di Korea, dan gagal. Tapi, dari awal kegigihan IU memang sudah terlihat. Ia tetap lanjut untuk mengejar mimpinya sampai akhirnya ia debut di bawah label LOEN Entertainment sebagai penyanyi solo.

Hmm untuk anniversary nya tahun ini, entah mengapa aku merasa emosional sekali. Di awal konsernya, ditampilkan perjalanan karir IU dari awal ia audisi, yang sudah ku lihat berkali-kali, tapi kali ini ada perasaan berbeda yang muncul. Rasa haru? Atau rasa terima kasih? Entahlah, agak sulit untuk diungkapkan dengan kata-kata. Mungkin aku terharu sekaligus berterima kasih karena IU sudah berkembang sedemikian rupa, baik secara skillnya sebagai penyanyi, sebagai musisi, sebagai aktor, dan sebagai IU.

Maka, saat menonton konser kemarin perasaanku sungguhlah campur aduk. Dari awal aku senang sekali saat IU mulai menyanyikan lagu pertama yaitu Autumn Morning yang diiringi oleh dentingan pianonya Yoo Hee Yeol, dan aku sudah senyam senyum sendiri melihat keakraban mereka di atas panggung. Setelah itu IU menyanyikan lagu Friday bersama dengan gitaris andalannya, Juk Jae (yang ternyata akan resign sebagai bagian dari IU Team hiks..) Lalu, aku gak bisa diam dan heboh-heboh sendiri terutama saat IU kembali menyanyikan lagu Marshmallow lengkap dengan sekian banyak Mr. Marshmallow yang menggemaskan. Aaah~ aku rindu sekali dengan lagu itu, lagu yang sudah gak dibawakan lagi di konsernya sejak tahun 2017 apa 2018 gitu, gara-gara lagunya IU sudah kebanyakan maka harus dipilih-pilih XD XD. Dan makin heboh saat IU menyanyikan lagu Blueming dan di backgroundnya diputar video fanchant dari para fans, aku hampir jatuh dari kursi sih saking hebohnya aku ikutan nyanyi. XD XD

Yang tak kalah bikin aku heboh adalah saat IU menyanyikan lagu Bbi Bbi. Lagu yang sangat terkenal di kalangan fans luar negeri.

cr: Yoo Heeyeol's Sketchbook

Lalu, saat IU menyanyikan lagu Eight yang fenomenal itu di atas panggung, aku mulai merasa emosional. Antara mau senang, menikmati lagunya, tapi juga ada perasaan haru dan sedih yang muncul tiba-tiba. Aku senang karena ini adalah pertama kalinya aku mendengarkan IU menyanyikan lagu itu di atas panggung, vibesnya beda dengan dengerin di Sportify ya wkwkwkwk apalagi IU juga menyanyikan bagian rap yang dinyanyikan oleh Suga BTS. Ada rasa haru yang muncul karena lagu ini adalah lagu yang dibuat saat umurnya 28 tahun (umur Korea) yang jelas sudah berbeda sekali dengan IU saat pertama kali debut. Dan ada rasa sedih yang muncul karena hmm mungkin karena liriknya, "So are you happy now?" dan saat IU menyanyikan beberapa bagian dari lagu itu membuat aku merasa sedih, padahal irama lagunya itu happy..

FYI, lagu Bbi Bbi, Eight, dan Blueming adalah lagu yang belum pernah IU nyanyikan dalam acara TV mana pun.

cr: Instagram sketchbook_official

IU juga menyanyikan lagu Knees dengan cara syahdu sekali dan kembali diiringi dengan dentingan pianonya Yoo Hee Yoel. Lagu ini selalu aku putar setiap kali aku mau tidur. Suaranya yang menenangkan selalu membantuku tertidur setiap kali aku mengalami insomnia atau membantuku tidur lebih nyenyak. Kemudian, IU lanjut menyanyikan lagu Through The Night yang juga memiliki efek yang menenangkan sekaligus healing. FYI, lagu Through The Night ini adalah lagu yang merasakan perasaan "cinta" IU. Bagi IU yang sudah mengalami insomnia sejak umur 20 tahun, ia selalu kesal jika ada orang lain yang bisa tidur lebih cepat darinya. Lalu, suatu ketia ia berpikir bahwa hal yang paling baik untuk mencintai seseorang adalah saat ia bisa mendoakan orang itu untuk tidur dengan nyenyak. Maka muncullah lagu ini yang menemani malam-malam panjangnya karena tidak bisa tidur.

Aku semakin emosional saat IU menyanyikan lagu Above The Time dan You And I.. Haduuuh itu panggungnya gak tau lagi bagusnya kayak apa.. Untuk anak yang visual seperti aku, panggungnya itu DAEEBBAAAK banget!! Ada banyak warna warni yang muncul bersamaan dengan irama lagu Above The Time yang memiliki vibes fairy tale yang cantik, entah itu CG atau gimana, ya. Dan saat itu aku mulai nangis. Kalau yang ini lagunya beneran happy loh, tapi aku nangis. Dasar.. Nangis karena performancenya bagus bangeet!! Lalu, waktu IU lanjut menyanyikan lagu You And I aku nangis lagi karena terharu. You And I was released in 2011. And the way IU sing that song in 2011 is totally different with the way she sing the song last night. And I realized (once again) that she already spread her wings and fly really high. And she definitely will fly higher.

Lalu, tahu-tahu aku kepikiran dengan Yoo Hee Yeol nya dong, aku aja yang nonton dari laptop dan jadi UAENA jarak jauh selama 9 tahun aja terharunya sampai begini, gimana Yoo Hee Yeol yang menonton secara langsung dan benar-benar tahu perjalanan IU sejak ia memulai karirnya. Ngebayangin hal itu malah bikin aku makin kejer dong nangisnya. :'')

cr: Yoo Heeyeol's Sketchbook

Lalu, saat IU menyanyikan lagu Love Poem, perasaan sedih yang aku rasakan semakin mendominasi dan kembali aku nangis senangis-nangisnya, seperti yang aku lakukan saat IU menyanyikan lagu ini di konsernya tahun 2019 lalu. Saat IU menyanyikan lagu ini, aku merasa seolah ia berkata, "Hang in there.. I know that you can overcome it once again. I'll be there to sing for you and I'll be there to stay beside you, so don't be afraid." (FYI, I've been in rollercoaster mood swing again for several weeks). I've told you that IU saved my life in this post. And she still save my life until now.. With her songs, with her works, with her kindness, with her being IU and Lee Ji Eun.. I am really thankful of that and also I am really grateful that I "found" IU.

Setelah nangis-nangis heboh yang bikin mata aku auto sembab, aku kembali heboh karena IU lanjut bernyanyi lagu Good Day dan membawakan nada 3 oktafnya yang legendaris itu. Entah sudah berapa juta kali aku mendengar lagu itu dinyanyikan dan entah berapa juta kali juga aku tetap ternganga-nganga saat IU menyanyikan lagu itu. Apalagi di atas panggung kan dengan mic ungu metalic dan ear monitor yang nampak elegan sekali, yang merupakan custom-made kolaborasi dengan brand J. Estina, yang membuat dirinya semakin berkilauan. Wadidaw!!

Dalam acara ini, IU mengatakan bahwa lagu yang paling ia sukai adalah lagu Unlucky. Lagu yang tidak se-popular lagu-lagu lain dan juga bukanlah lagu yang memiliki "daya motivasi" yang kuat seperti lagu-lagu lain. Tapi saat ia merasa down, mendengarkan lagu itu menjadi pemompa semangat dalam dirinya.

"It's not one of my famous song, but it's one of my personal favorites. I wrote the lyrics myself, and I wasn't feeling anything in particular when I did. This song isn't the most encouraging and comforting out there, and there's not really a positive message behind it. However, when I'm feeling down, listening to this song stris up emotions within me and lifts my spirits. That's how it is for me."

IU juga sempat menyanyikan lagu yang belum dirilis. Kabarnya, IU akan mengeluarkan album baru di sekitar akhir tahun, saat ia biasanya mengadakan concert tour. Kurang lebih sekitar November/Desember. Aduuh belum apa-apa aku sudah gak sabar. Haha

cr: Yoo Heeyeol's Sketchbook

Lagu terakhir yang IU nyanyikan adalah lagu Lullaby yang dinyanyikan dalam sesi encore yang merupakan sesi "ritual" di setiap konsernya. Bahkan, kalau di konser offline tuh ada encore dan re-encore dan total performancenya bisa hampir sama panjangnya dengan durasi konser utama. Nah kan aku jadi rindu konser offline.. Aku menikmati konser online ini juga. Sangat menikmati malah, aku kembali merasa sebagai "The Happiest Person on Earth" lagi. Tapi, tentu saja sensasinya berbeda dengan konser offline.

cr: Yoo Heeyeol's Sketchbook

PD dari acara Yoo Hee Yoel's Sketchbook, Kim Hae Ryong, mengatakan bahwa ia sangat berterima kasih karena IU memilih untuk merayakan debut ke-12 nya di acara Yoo Hee Yeol's Sketchbook, padahal IU bisa saja menggelar konser virtual dan ia akan mendapatkan profit yang besar sekali.

“In contrast to paid virtual concerts, ‘Yoo Hee Yeol’s Sketchbook’ is essentially a concert that is free of charge for the general public,” he said. “As a producer, I’m endlessly grateful to IU for generously putting on a free concert and essentially making a donation of her talents.”

“If she had held a paid concert, she could have earned an incredible amount of revenue,” he continued. “But she boldly chose to forgo such income and appear on ‘Yoo Hee Yeol’s Sketchbook’ instead. I’m so grateful to her for that.”

Kim Hae Ryong PD juga mengatakan bahwa ketika mereka memutuskan untuk menampilkan acara IU Special, IU merasa khawatir dan terbebani karena menjadi satu-satunya artis yang akan tampil dalam acara itu. IU takut bahwa ia akan dianggap arogan. Aduuh aduuh Don't worry too much about that, IU Eonni. Everyone already know that you're one of the most kind-hearted musician that South Korea ever have.

Lalu, acara IU Special kemarin menaikkan rating acara Yoo Hee Yeol's Sketchbook 3 kali lipat!! Rating rata-ratanya 0,7, kemarin menjadi 2,2 nationwide. Belum lagi kalau dihitung worldwide orang-orang di negara lain yang streaming acara itu seperti aku. Waah The Power of IU memang tidak pernah main-main.

Dalam acara VLive yang sudah aku sebutkan di awal tadi, IU mengaku bahwa ia merasa sangat sulit saat melakukan recording untuk konsernya di Yoo Hee Yeol's Sketchbook. Acaranya ditayangkan selama 100 menit tapi recordingnya berlangsung selama 10 jam + 4 jam rehearsal!! Woow!!

“It wasn’t a concert, it was a show. Since it’s a show, it has to be filmed from several angles, and I hadn’t prepared for that at all.” She mentioned that there have been times when she’s performed concerts for up to six hours, but this was different.

“I thought that it would be easy since there would be fewer songs than a concert, but it was really difficult,” she said. “I felt like I’d done three concerts in a day.”

"I had to quickly change my make up too. It was like training I'd never experienced since my debut. I was losing my voice. Even when I do a long concert, I don't lose my voice, so I didn't expect it would happen. But, I started losing my voice in the last hour of the recording. The Sketchbook' staff cheered me on a lot and so did Yoo Hee Yeol, as well as the IU team."

"When I got back, I cried," she said. Maybe I was feeling the emotions of autumn, maybe it was my physical state and I was thinking about how it's been 12 years since my debut. When I went home I got messages from the staff. They said, 'You worked so hard. That was the first time I've seen you have such a hard time. I realized that you're also an ordinary 28-year-old." When I saw that, I felt emotions that I can't describe. I lay down to sleep but I cried."

IU said that it had been 100 times more difficult because there wasn't an audience. "When I'm doing a concert, even if I'm losing my voice, I feel excited so I'm energized. Even if my voice gets hoarse, then I can keep getting it back. However, since there was no audience, I was getting through it with just my concentration and mental strenght. I realized it was very different than a concert. After the end, Yoo hee Yoel also messaged me to say I'd worked very hard."

You already did a good job, IU Eonni!

Saat aku datang ke konsernya IU tahun lalu, aku merasa energiku yang hampir kosong terisi sampai penuh, bahkan aku membawa memori-memori menyenangkan yang bisa menjadi baterai cadanganku saat aku sedang merasa down. Tapi, ternyata saat IU melakukan konser bukan hanya para fans yang diberikan energi oleh IU tapi juga sebaliknya, ya.. Waah, I never expect that I can experience this kind of Idol-Fans relationship. Seems like IU and UAENA are encourage each other very well so we can be a better human being together..

cr: Instagram sketchbook_official

Oiya, selain bernyanyi, di konser ini IU juga mengadakan bincang-bincang dengan Yoo Hee Yoel dan tentu saja aku gak paham semua hal yang mereka omongin, sih. Hiks.. Tapi, ada satu sesi yang bikin aku ketawa ngakak, yaitu saat IU "merealisasikan" acara TV miliknya, IU's Palette. Kalau Yoo Hee Yoel kan Yoo Hee Yeol's Sketchbook ini kalau IU jadi IU's Palette sesuai dengan salah satu judul albumnya. Propertinya disiapin juga dong dan ada backgroundnya juga pengganti banckground Yoo Hee Yeol's Sketchbook. Tahu-tahu Yoo Hee Yoelnya disuruh resign jadi MC dan tampil sebagai guestnya acara IU. IU really knows how to tease her uncle. Wkwkwkwkwk

cr: Yoo Heeyeol's Sketchbook

Lalu, IU juga mendapat banyak ucapan selamat dari rekan-rekan musisi senior dan aktor-aktor yang menjadi lawan main nya dalam drama. Ada video dari Lee Sun Kyun yang menjadi lawan main IU dalam drama My Mister, ada video dari Kim Chang Wan a.k.a Dr. Oh Ji Wang wkwkwk yang merupakan musisi senior yang sempat berkolaborasi dalam beberapa lagu IU yang merupakan remake dari lagu lama, dan ada juga surat dari Ko Du Shim yang berperan sebagai mamanya IU dalam drama You Are The Best! Lee Soon Shin. Aku merasa hangat saat mendengar ucapan selamat dan perkataan-perkataan mereka untuk IU.

cr: Yoo Heeyeol's Sketchbook

Menonton konser IU kali ini membuatku menyadari bahwa aku ini bisa banyak sekali merasakan emosi. Aku bisa tersenyum lebar karena merasa senang, karena merasa excited, karena merasa puas, karena tercengang, karena takjub, karena merasa hangat, karena merasa terharu, karena merasa bersyukur. Aku bisa menangis karena merasa sedih, karena merasa kosong, karena merasa hampa, karena merasa kesepian, tapi juga bisa karena merasa senang, karena merasa hangat, karena merasa terharu, karena merasa bersyukur, dan merasa berterima kasih. Hmm sedikit info, dulu aku berpikir kalau aku adalah orang yang emotionless, gak ekspresif, mau senang sedih marah kecewa ya mukanya gitu-gitu aja, dan mengkategorikan emosi sebagai emosi baik dan buruk. Nyatanya aku hanyalah orang yang tidak mau jujur pada diriku sendiri. Aku terlalu terbiasa untuk menghindari emosiku, terutama ketika emosi yang aku anggap sebagai emosi buruk muncul. Maka, aku malah merasa asing dan sering bertanya-tanya, "Kenapa aku begini? Kenapa aku begitu?" Tapi, setelah aku belajar untuk lebih aware dengan diriku sendiri, aku bisa melihat bahwa aku bisa merasakan banyak sekali emosi dan gak ada yang namanya emosi baik dan emosi buruk (ini akan aku bahas lain kali mungkin, ya). Seperti yang aku katakan tadi, nangis itu bukan berarti karena sedih aja, tapi bisa juga karena senang dan merasa berterima kasih, kan.

Saat kemarin aku menonton konser IU, aku juga mengamati semua perasaan yang timbul. Gak semua mungkin ya, tapi cukup detail seperti yang sudah aku ceritakan panjang kali lebar di atas wkwkwk Dan aku mulai tahu kenapa aku merasakan emosi-emosi itu. "Oh, senangnya karena ini, terharunya karena ini.." And it feel really nice to get to know myself more. Thank you once again to IU..

Aah semoga corona segera berlalu, semoga keadaan bisa perlahan-lahan kembali seperti semua lagi, dan semoga aku bisa nonton konser offlinenya lagi 1-2 tahun ke depan..

Btw, beberapa cuplikan konsernya sudah ditayangkan di channel Youtubenya KBS Kpop, loh. Dan sudah ada juga di webnya kisstvshow lengkap dengan Eng Sub. Luar biasa sekali ini, jadi bisa nonton ulang dan menangis ulang *loh..

Dan aku pikir aku gak akan ngomong panjang lebar lagi tentang IU karena nampaknya aku sudah banyak sekali membicarakan tentang IU, sampai sudah ada 5 post lain yang bisa kalian baca di sini (kalau kalian berminat haha), ternyata memang kalau ngomongin IU itu gak akan ada habisnya.. XD XD


References:

J.K (September 18, 2020). IU Celebrates 12th Debut Anniversary, Shares Update on New Album, Talk About Plans, and More. soompi.com.

E. Cha (September 20, 2020). Yoo Hee Yeol's Sketchbook's PD Reveals Why IU Was Worried About Her 12th-Anniversary Special + Thanks Her For Triplings Show's Ratings. soompi.com.

Comments

Popular Posts