Is Your Life Getting Better?

Dahulu kala, aku pernah dengar ada orang berkata kalau kita bisa ngeliat hidup kita lebih baik atau engga nya itu dari orang-orang di sekeliling kita. Apakah kita dikelilingi oleh orang-orang baik yang memberi dampak positif atau engga? Kalau kayak di buku PKN jaman SD mah begini kali, ya: orang baik akan punya banyak teman, kalo orang jahat bakal dijauhi teman. Nah, sampai sejauh ini, kamu masuk yang tipe pertama atau kedua?

Dahulu kala, waktu jaman sekolah sampai jaman kuliah, mamaku selalu berkomentar kalau temanku selalu yang itu-itu aja, ya karena memangnya aku berteman dengan yang itu-itu aja, sih. Beda dengan adikku yang sekali cerita bisa menyebutkan 10 nama berbeda dan semuanya adalah teman-temannya. Aku menyebutkan 1 nama setiap kali bercerita aja udah bagus, 2 nama merupakan suatu kemajuan. Jadi ya boro-boro menghitung seberapa banyak teman yang memberikan dampak positif buatku, yang dekat aja cuma 1-2, itu pun gak bisa dibilang dekat banget. Hmm

Waktu SMP-SMA, kerjaanku ya sekolah-pulang sekolah-pulang. Selama 6 tahun jenjang sekolah. Aku ikutan nongkrong habis pulang sekolah itu barangkali bisa dihitung jari. Sampai masa kuliah pun gak ada perubahan signifikan. Kelayapan cuma waktu jam-jam nunggu kelas atau setelah masa-masa UTS-UAS selesai, dan dengan teman yang itu-itu aja. 😂😂

Dulu itu waktu kuliah, aku gak pernah ikut UKM. Bukannya karena ngejar nilai bagus atau apa, tapi karena aku malas bertemu orang banyak, malas bergaul. Dan rasa malas itu seolah sudah mendarah daging, sampai akhirnya aku diseret untuk ikut UKM oleh temanku dan mamaku.

Bagiku, punya teman itu adalah salah satu hal yang sulit. Kalau mau dibilang aku ini pilih-pilih, ya memang, aku ini memang pilih-pilih. Wong kalau mau beli pisang aja aku milih, apalagi milih teman dekat, kan. Tapi tolong jangan disalahartikan, ya. You know, there's a phrase "birds with same feather flocks together." Kalau aku, aku akan dengan mudah dekat dengan orang-orang yang bisa membuatku menjadi diriku sendiri dan menjadi diriku yang lebih baik. Sesimpel itu kriterianya. Hanya aja, ngumpulin teman-teman yang klik seperti itu barangkali masih kalah sulit dibanding mencari jarum di tumpukan jerami.

Tapi, setelah ku pikir-pikir, teman seperti itu juga gak akan datang begitu aja, kan. Nyari teman bisa diibaratkan kayak nyari jodoh (walaupun aku gak pernah nyari jodoh, sih). Harus ada usaha juga. Mungkin kalau masih kecil tuh suka ada yang nyamperin lalu ngajak main bareng. Kalau udah gede begitu, yang ada dikatain SKSD, kan. Hmm aku juga bingung sih, kenapa ya kalau makin gede tuh hampir semua hal bisa jadi complicated? Seperti urusan mencari teman itu. 🤔🤔

Beberapa tahun terakhir, aku lupa sih mulai persisnya dari mana, aku merasa diriku sedikit-sedikit membuka diri. Aku seolah memberi challange pada diriku untuk menjadi pribadi yang lebih mudah tersenyum, lebih mudah tertawa, gak pelit menyapa, lebih ringan tangan, dan berbicara menggunakan kata-kata yang lebih baik. Perubahan itu gak secara signifikan terasa, hanya aja pelan tapi pasti gitu. Dan, pelan tapi pasti juga, aku menemukan teman yang aku bilang kayak jodoh. Gak cuma 1-2 orang. Banyak. Sampai akhirnya mamaku gak lagi-lagi komentar kalau temanku cuma  itu-itu aja. Karena setiap kali pulang, aku selalu menyebutkan satu-satu nama teman-temanku, entah yang dulu satu kampus, entah yang di kantor sekarang, entah yang di kantor lama. Sampai aku juga terkejoed sendiri, "lho kok temanku banyak." 🤣🤣










Banyak kan temanku. Xixi 😁😁 Dan masih ada beberapa yang gak ada foto barengnya. (Balada punya temen kayak aku yang kalau mau foto harus ada special moment dulu. 😂😂)

Jadi kalau sekarang aku ditanya, "apa hidupmu sekarang membaik?" Aku akan jawab 'iya' dengan mata berbinar-binar. Lihat aja seberapa banyak temanku sekarang. Dan aku bisa jamin kalau mereka itu adalah orang-orang baik, baik dengan cara mereka masing-masing. Dan mereka adalah orang-orang yang membuatku belajar, entah secara langsung atau pun tidak, untuk menjadi diriku sendiri dan menjadi diriku yang lebih baik.

So, what about you? Is your life getting better?

Comments

Popular Posts