Standar Orang Baik

Ada satu temanku yang seringkali ku ajak bercakap-cakap tentang semua hal. Suatu ketika, entah kami sedang mengobrolkan percakapan (gak) penting macam apa, muncul pertanyaan begini, "Kalau standar orang baik menurutmu itu seperti apa?" Saat itu aku belum benar-benar memiliki jawaban karena pada kenyataannya aku tidak pernah memikirkan hal seperti itu sebelumnya. "Ah, aku tahu. Standar orang baik buat kamu mungkin orang yang bisa bikin kamu ketawa," kata temanku lagi. Aku hanya mengangguk-ngangguk karena mungkin jawaban itu ada benarnya juga. But, then I drowned into a deep thought again for days.

Standar orang baik itu seperti apa sih sebenarnya?
"Orang baik itu yang suka ngasih makanan." Ini jawaban sederhana dari adikku.
"Orang baik itu yang mau nolong orang tanpa pamrih."
"Orang baik itu yang ikhlas ngasih duit ke pengemis." 
Dan lain-lain, dan lain-lain.

Tapi menurutku, 'baik' itu gak terpaku pada satu individu atau kelompok saja. Karena 'baik' itu seharusnya universal. Jadi, bukan karena aku dikasih makanan lalu aku bilang orang itu baik. Bukan, karena aku mendapat sesuatu untuk diriku sendiri maka aku menyebut orang lain baik.

There's a place in your heart
And I know that it is love
And this place could be much
Brighter than tomorrow
And if you really try
You'll find there's no need to cry
In this place you'll feel
There's no hurt or sorrow
There are ways to get there
If you care enough for the living
Make a little space
Make a better place
Heal the world
Make it a better place
For you and for me
And the entire human race
There are people dying
If you care enough for the living
Make it a better place
For you and for me

The lyric explains it all. There's love in everyone's heart. Use it as your weapon to be a kind people. Kita gak perlu susah-susah pergi ke Suriah dan menyelamatkan para pengungsi di sana untuk menjadi orang baik. Kita juga gak perlu ikut-ikutan berunjuk rasa di Myanmar membela Kaum Rohingya untuk menjadi orang baik. Gak perlu berpikir untuk menjadi seperti Mahatma Gandhi atau Mother Teresa. Menjadi orang baik gak sesusah itu, kok.

Be kind to yourself first, and treat others well. Give thanks to yourself and give thanks to others. Be happy and make others happy. I think, being kind is as simple as that.
"We can help many people suffer less and realize a lot of happiness without being rich or influential. If love and compassion are in out hearts, every thought, word, and deed can bring about a miracle." - Nhat Hanh
Tapi seperitnya, definisi 'orang baik' itu sama relatifnya seperti definisi 'orang cantik'. Akan ada banyak komentar yang bermunculan dari suatu tindakan yang dilakukan oleh sesorang. Karena setiap orang memiliki potensi untuk ngomongin orang lain dan diomongin oleh orang lain, kan.
"Ah, loe ngomongin orang untuk jadi baik, memang loe sendiri baik?"
Yah, mungkin ada saja orang yang menyuarakan respon seperti itu saat membaca tulisan ini, kan? Dan sebenarnya juga aku belum melabeli diri sebagai 'orang baik'. Belum. Karena kadangkala aku masih bersikap buruk pada diriku sendiri, kadangkala aku masih mengomel dan membuat orang lain jengkel. Aku akui kalau aku masih belum cukup baik. Tapi, akan menjadi lebih baik lagi because I've choose to be a better me. :)

Andrie Wongso pernah menulis begini di salah satu bukunya (karena dulu papaku demen cerita motivasi, maka aku pun sedikit ketularan), "Be an actor, not a reactor" dan kalimat ini menjadi pedoman bagiku dalam melakukan setiap tindakan beberapa tahun belakangan.

Mother Teresa pun bilang begini, "If you are kind, people may accuse you of ulterior motives. Be kind anyway."

Saat aku kebanyakan tertawa, mungkin ada orang yang ngatain aku gila. Tapi, komentar itu gak akan bikin aku berhenti tertawa. Begitu juga kalau kita mau berbuat baik. Orang-orang memang bisa melihat dari berbagai sudut pandang, orang-orang bisa memuji dan juga bisa berkomentar miring semiring yang mereka mau. Tapi, jangan pernah berhenti berbuat baik apa pun yang terjadi. #notetoself



It's an irony of the world we're live in, right? There is a phrase R.I.P Rest in Peace but there is no such a phrase like L.I.P Live in Peace? So, let's be kind, let's make a better place so we can live in peace.

"Our world can be horribly though but still it's a place worth living there are some great things too."


Comments

Popular Posts