Seorang Raja

Minggu lalu, dunia, khususnya Thailand berkabung atas meninggalnya seorang raja. Raja Bhumibol menutup usianya tanggal 13 Oktober lalu. Seluruh rakyatnya bersedih, tak rela kehilangan raja mereka.

Dalam berita, disebutkan bahwa Raja Bhumibol adalah seorang Raja yang memperkenalkan nama "Thailand" ke berbagai negara. Raja Bhumibol adalah Raja yang sangat peduli terhadap rakyatnya, tak segan untuk membela rakyat kecil. Raja Bhumibol adalah seorang Raja yang bijaksana, yang terbuka untuk kritik. Tak heran jika rakyat Thailand mencintai rajanya.

“Keyakinan bahwa Raja tak bisa salah justru merupakan penghinaan bagi Raja. Bagaimana Raja tak bisa salah? Dengan mengatakan bahwa Raja tak mungkin salah, berarti menganggapnya bukan manusia,” kata Raja Bhumibol, dikutip Channel News Asia. “Aku tak pernah memenjarakan orang yang melawanku. Jika mereka memenjarakan orang yang menghinaku, aku akan mengampuninya.”

http://x.detik.com/detail/intermeso/20161014/Bhumibol-Raja-untuk-Semua/images/raja-bhumibol-kredit-departemenkomunikasithailand-via-channelnewsasia-02-6qxw7k.png
 http://x.detik.com

Sepenggal kalimat yang diutarakan Raja Bhumibol sempat membuatku bergidik. Sebelumnya, aku tak pernah tahu siapa Raja Bhumibol itu. Begitu ku baca sepenggal perjalanan hidup Beliau, yang bisa kulakukan hanyalah berdecak kagum. Sejauh ini, raja seperti Raja Bhumibol hanya ku temui dalam cerita-cerita dongeng. Raja dalam dongeng adalah tipikal raja yang disebut bijaksana dan membuat rakyatnya sejahtera.

Thailand patut berbangga karena memiliki seorang raja seperti Raja Bhumibol. Dunia membutuhkan lebih banyak raja seperti Raja Bhumibol.

Sumber: http://x.detik.com

Comments

Popular Posts