3 Things I am Grateful For #30DWCDAY01

Ceritanya aku lagi ikutan 30 Days Writing Challenge yang diinisiasi oleh Kak Suci di instagram. Baru tema hari pertama sudah bikin aku menelaah kembali hidupku untuk melihat hal-hal apa aja yang bisa aku syukuri.

cr: Extraordinary Attorney Woo

1. Buku

Salah satu hal yang paling kusyukuri adalah keberadaan buku dan betapa beruntungnya aku hidup di waktu dan tempat di mana rasa ingin tahu sudah tidak lagi dikebiri dan aku bisa mengakses buku dengan mudah. Buku adalah kawan pertama sekaligus kawan terlamaku yang menunjukkan bahwa dunia itu jauh lebih luas dari yang aku kira, mengizinkanku mengintip isi kepala dari para pemikir hebat, dan membawaku bertemu dengan orang-orang dari belahan dunia lain. Buku juga membawaku mencicipi dunia bookstagram dan berkenalan dengan orang-orang yang tidak hanya memiliki kegemaran yang sama tapi juga baik, kritis, supportif, dan minim drama. Aku merasa beruntung dengan keberadaan buku dan juga merasa beruntung karena aku jatuh cinta pada buku. Gak terbayang rasanya akan jadi apa aku kalau tidak bertemu buku.

2. Semua orang yang hadir dalam hidupku

Ada yang bilang bahwa setiap pertemuan itu pasti ada hikmahnya dan kalimat itu jelas aku setujui. Tentu tidak semua orang yang hadir dalam hidupku selalu memberi rasa senang atau meninggalkan jejak berupa kenangan manis. Banyak dari mereka yang juga meninggalkan luka dan rasa sakit. Tapi setiap perasaan yang ditinggalkan oleh orang-orang yang ada di sekitarku, baik yang hanya mampir sesaat ataupun menetap lama, selalu menjadi "bahan bakar"ku dalam hidup sehingga aku bisa menjadi pribadi yang seperti sekarang.

Orang-orang yang ku sebut keluarga selalu ada kapan pun aku butuh tempat yang nyaman untuk berbagi meski mereka kadang-kadang menyebalkan; orang-orang yang berteman denganku sekian tahun mengajariku cara untuk bersantai dan juga membuatku menyadari apa arti penerimaan; orang-orang pertama yang ku temui dalam dunia kerja mendorongku untuk terus bertanya dan terus mencari tahu, mereka pun percaya bahwa aku punya potensiku sendiri yang perlu aku gali; orang yang pernah singgah sesaat di hatiku memberi tahu bahwa aku adalah orang berharga yang layak dicintai hanya saja aku belum menyadarinya saat itu; dan orang-orang yang ku temui di dunia bookstagram membuatku percaya bahwa masih banyak orang-orang baik di luar sana yang belum ku temui.

3. Diriku

Terakhir, sekaligus paling penting, aku bersyukur atas diriku yang kini sudah bersedia berdamai dengan diriku di masa lalu dan bersedia mengerti bahwa aku adalah manusia biasa yang juga bisa salah dan tentu jauh dari kata sempurna. Aku bersyukur atas diriku yang bersedia menyambut uluran tangan orang lain hingga akhirnya bisa berhenti bergelung dalam kesepian dan keputus asaan. Aku bersyukur atas diriku yang tidak lagi-lagi menganggap empati dan sikap sensitifku sebagai sebuah kesalahan, karena memang bukan. Aku bersyukur atas diriku yang pelan tapi pasti belajar untuk mencintai diri sendiri dan berusaha memahami bahwa mencintai diri sendiri bukanlah tindakan egois. Aku bersyukur atas diriku yang akhirnya memilih untuk tetap hidup dan bisa merasa hidup 💜💜
 
Jadi itulah 3 hal yang ku syukuri sepanjang 28 tahun hidupku. Baru hari pertama tapi challengenya sudah bikin merenung lama wkwkwk

Comments

  1. Waahh bikin termenung sejenak, ngenaa bgt tulisannya😭❤️

    ReplyDelete
  2. Setuju semua sama tulisannya. I CAN RELATE 🤩

    ReplyDelete
  3. Tiga poin di atas aku setuju banget soalnya relate sama aku. Keknya harus lanjut nulis sampai akhir nih biar merenung lebih lama wkwk.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts