Maju Tak Gentar, Negeriku!!

Q: "Apa sih arti kemerdekaan?"
A: "Merdeka itu bebas dari cengkraman penjajah."
A: "Merdeka itu disaat Sang Saka Merah Putih diakui keberadaannya oleh dunia."
A: "Merdeka itu adalah saat Bung Karno membacakan teks proklamasi."
Itu adalah pertanyaan dengan segelintir jawaban yang sering kali kita dengar waktu 17an.

Tapi, apakah jawaban-jawaban itu dapat dibenarkan? Apakah merdeka itu benar adanya? Apakah merdeka hanyalah sekedar sejarah masa lalu? Karena sepertinya, walau Indonesia sudah didaulat sebagai negara merdeka selama 72 tahun, tapi terkadang negara ini masih dijajah oleh bangsa sendiri. 

72 tahun tidaklah sebentar. Dalam kurun waktu 72 tahun, ada sekian banyak pembangunan di berbagai daerah di Indonesia. Indonesia sudah mengalami pasang surut perekonomian dalam waktu yang tidak singkat. Sudah 7x presiden berganti. Dan entah berapa ratus juta kali petani menanam padi (barangkali hitungannya sudah lebih dari ratusan juta.)

Negeri ini terus memaksa untuk berkembang. Terus maju walau ada kelompok tertentu yang berusaha mengambil keuntungan bagi mereka sendiri.

Negeri ini terus merangsek maju tak ubahnya seperti lagu wajib ciptaan C. Simanjuntak. 
Maju tak gentar 
Membela yang benar 
Maju tak gentar 
Hak kita diserang 
Maju serentak 
Mengusir penyerang 
Maju serentak 
Tentu kita menang 
Bergerak bergerak 
Serentak menerkam 
Menerjang terjang tak gentar 
Tak gentar tak gentar 
Menyerang menyerang 
Majulah majulah menang
Maju terus dan bergerak serentak. Karena Indonesia bukan hanya milik Para Pengusir Penjajah. Karena Indonesia bukan hanyan milik Kaum Borjuis. Karena Indonesia bukan hanya milik kelompok agama tertentu. Karena Indonesia bukan hanya milik Si Mata Sipit.

Indonesia milik rakyatnya. Milik Si Orang Berduit, Si Miskin, Para Tetua, Para Pemuda, Si Hitam, Si Putih, Si Kuning Langsat, Si Sawo Matang. Kita semua generasi penerus bangsa. Maka mari merangsek maju. Gaungkan lagi "Bhinneka Tunggal Ika" ke seluruh Nusantara. 

Comments

Popular Posts